Rabu, 29 April 2020

Kegiatan Belajar di SMP Eka Tjipta Perdana Selama Pandemi Covid-19

Selama covid-19 masih mewabah dan belum ada tanda-tanda mereda, seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah. Tak terkecuali pendidikan yang ikut terkena dampak wabah covid-19. Kegiatan pembelajaran di daerah perkotaan dan daerah yang infrastruktur komunikasinya atau jaringan internetnya sudah lebih baik kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (online)

smpetprdn-Selama covid-19 masih mewabah dan belum ada tanda-tanda mereda, seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah. Tak terkecuali pendidikan yang ikut terkena dampak wabah covid-19. Kegiatan pembelajaran di daerah perkotaan dan daerah yang infrastruktur komunikasinya atau jaringan internetnya sudah lebih baik kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (online), tapi tidak disekolah kami SMP Eka Tjipta Perdana, karena jaringan internet belum bisa diakses dengan baik di lingkungan tempat tinggal siswa/siswi kami, bahkan dibeberapa tempat sama sekali tidak ada jaringan internet. Meskipun demikian hal itu tidak menyurutkan semangat belajar-mengajar kami sebagai guru dan anak-anak kami. Minimnya akses internet bukan berati menyurutkan tanggung jawab dan dedikasi kami.
foto: Persiapan berangkat patroli

Susuai arahan pemerintah untuk melaksanakan social distancing dan phisycal distancing, setiap guru mata pelajaran memberikan tugas dan materi melalui group whatsapp kelas. Tugas diberikan sesuai jadwal mapel dengan tidak terlalu membebani siswa dan orang tua. Harapanya dengan tugas dan materi yang dikirim anak-anak masih bisa belajar di rumah.
foto: memberikan materi dan tugas di rumah siswa

Kami menyadari tidak semua anak-anak bisa tergabung dalam group wa kelas karena beberapa alasan maka dari itu dibuat juga jadwal patroli guru-guru ke rumah anak-anak. Kegiatan patroli selain untuk memberikan materi dan tugas kepada anak-anak juga untuk menghimbau dan mengawasi anak-anak agar tetap di rumah, menjaga kesehatan dan belajar di rumah. Pada kegiatan patroli ini juga, tugas anak-anak pada hari  sebelumnya di ambil oleh guru yang berpatroli.
Foto: mengambil tugas siswa

Rutinitas ini terus kami lakukan selama pandemi covid-19 belum mereda dan belum ada himbauan dari pemerintah untuk kembali masuk sekolah dengan normal. Kerinduan kami dengan anak-anak dengan segala canda tawa dan tingkahnya jelas sangat kami rasakan. Harapan kita semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir dan kita dapat kembali belajar normal seperti semula. /ikw

Penulis: Ika Kartikawati
Editor: Edy K

SMP Eka Tjipta Perdana

Author & Editor

SMP Eka Tjipta Perdana

6 komentar: